Langsung ke konten utama

pengertian, fungsi proses 3d rendering

3d Visual rendering yaitu suatu proses yang menggunakan sofware 3 Dimensi dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg,tiff, dll, dan selain itu menghasilkan model yang harus di buat dalam langkah awal sebelum menjadi gambar. 
Model yang dipergunakan adalah dari objek 2dimensi  yang di olah menjadi 3dimensi, dan langkah awal pembuatan dengan menggunakan ukuran yang pasti seperti ukuran aslinya, dan akan menghasilkan model yang menyerupai bentuk aslinya.
Tekstur yang dipergunakan adalah gambar yang dibuat atau diambil  dengan permukaan atau poligon dimana tempat material dan tekstur tersebut berada, lalu arah kamera atau sudut pandang yang digunakan adalah arah mana objek tersebut dilihat ( view ), serta cahaya yang digunakan pada model 3 Dimensi dan area sekitarnya. Dengan demikian, Rendering melibatkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan semua informasi yang membentuk model dan lingkungan sekitar model 3 Dimensi tersebut.
Gambar yang dibuat melalui proses rendering adalah gambar 3d visual untuk presentasi, gambar yang sama dengan yang biasa kita lihat sehari-hari pada desktop komputer atau wallpaper.Gambar digital tersebut dibuat melalui proses rendering digital sebagai langkah besar terakhir sebelum disusun menjadi animas pada komputer. Animasi sebagai tujuan akhir  yang digunakan dalam film, permainan komputer, presentasi kerjaan, untuk efek khusus di televisi. Masing-masing menggunakan proses rendering digital yang menggunakan fitur dan teknik berbeda untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Render digital tersedia dalam berbagai kemampuan, tergantung pada alat dan perangkat lunak yang digunakan. 
dan ada beberapa sofware yang di gunakan yang benrmacam macam, serta fungsi dan kinerja yang berbeda beda, ada beberapa contoh sofware yang digunakan adalah : 3dmax , blender, sketup, maya, dll.
 Beberapa perangkat lunak render digital diintegrasikan ke dalam paket pemodelan dan animasi yang jauh lebih besar, sedangkan perangkat lunak render digital lainnya dirancang sebagai produk yang berdiri sendiri. Terlepas dari kemampuan dan penggunakan perangkat lunak render digital yang tepat, semua paket tersebut secara hati-hati direkayasa ke dalam program. Perangkat lunak tersebut membutuhkan integrasi dari sejumlah disiplin ilmu, termasuk matematika, fisika cahaya, pengembangan perangkat lunak, dan persepsi visual.
Ketika rendering digital digunakan dalam pembuatan film tiga dimensi, proses ini seringkali menjadi cukupmemakan waktu karena memerlukan poses,rendering atau rendering real-time.rendering biasanya digunakan pada saat membuat film animasi, sedangkan rendering real-time digunakan untuk membuat video game tiga dimensi yang menggunakan kartu grafis khusus dengan akselerator tiga dimensi.
Gambar yang dibuat dengan rendering digital diidentifikasi melalui berbagai fitur yang dapat diubah seperlunya. Fitur-fitur ini meliputi:
dan  disini saya hanya akan membahas tetntang 3d untuk presentasi, yang akan menggunakan sofware 3dmax dan vray, serta untuk hasil akghir menggunakan photoshop.
 ada beberpa contoh yang pernah saya buat , dalam penggunaan sofware 3dmax
                                              exterior menggunakan 3dmax- vray-photoshop

interior menggunakan 3dmax-vray-photoshop

proses awal pembikinan sama mulai dari 3d atau langsung ke 3d, dengan langkah awal pemodelan , lalu texture, setelah itu pencahayaan, setelah itu memasukan barang atau penunjang untuk suasana.
setelah selesai  baru proses rendering, dan setlah rendeing  hasil jpg atau tiff, masuk ke photoshop, untuk photoretuch.
 


3d Visual rendering is a process that uses 3D software in the process which produces images in the form of jpg, tiff, etc., and besides that it produces a model that must be made in the initial steps before becoming an image.

The model used is a 2-dimensional object that is processed into a 3-dimensional one, and the initial steps for making it are using a definite size like the original size, and will produce a model that resembles the original shape.

The texture used is an image made or taken with the surface or polygon where the material and texture are located, then the camera direction or point of view used is the direction in which the object is seen (view), as well as the light used in the 3D model and the surrounding area . Thus, Rendering involves all the aspects needed to produce a realistic image based on all the information that forms the model and the environment around the 3D model.

Images created through the rendering process are visual 3d images for presentations, the same images we usually see everyday on a computer desktop or wallpaper. These digital images are created through a digital rendering process as the last major step before being compiled into animation on a computer. Animation as an end goal is used in films, computer games, work presentations, for special effects on television. Each uses a digital rendering process that employs different features and techniques to achieve the desired result.

Digital rendering is available in a variety of capabilities, depending on the tools and software used.

and there are several different types of software that are used, as well as different functions and performance, there are several examples of software used, namely: 3dmax, blender, sketup, maya, etc.

Some digital rendering software are integrated into much larger modeling and animation packages, while other digital rendering software are designed as stand-alone products. Regardless of skill and use of proper digital rendering software, all of the packages are carefully engineered into the program. The software requires the integration of a number of disciplines, including mathematics, physics of light, software development and visual perception.

When digital rendering is used in making three-dimensional films, this process often becomes quite time-consuming because it requires real-time rendering, rendering or rendering. Rendering is usually used when creating animated films, while real-time rendering is used to create three-dimensional video games that use dedicated graphics card with a three-dimensional accelerator.

Images created by digital rendering are identified by various features which can be changed as necessary. These features include:

and here I will only discuss about 3d for presentations, which will use 3dmax and vray software, as well as for the final results using photoshop.

 there are several examples that I have made, using 3dmax software

The initial process of making it is the same starting from 3d or straight to 3d, with the initial steps of modeling, then texture, then lighting, then adding objects or supports for the atmosphere.

after finishing the rendering process, and after rendering the jpg or tiff results, go to Photoshop, for photoretouch.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

vray daylight menggunakan mr sun

vray daylight menggunakan mr sun 24 April 2014, by Asep yuhana A. Tutorial ini mempelajari dasar-dasar dan cara mengatur pencahayaan siang hari menggunakan Daylight pada 3ds Max. D aylight adalah pencahayaan   sistem kontrol tepat waktu dan lokasi . Dalam tutorial ini   akan mulai dengan menyalakan   light   dalam sistem daylight 3ds Max untuk memiliki akurat waktu dan kontrol lokasi . Beralih ke tampilan atas dan pergi ke menu create > sistem > system siang hari . Sekarang klik dan drag siang hari di tengah adegan Anda . (lihat gambar di bawah )   B. Sekarang kita perlu mengubah pengaturan sistem daylight Max sehingga menghasilkan cahaya yang diperlukan, sesuai keperluan, siang, sorre atau maalam. skarang Pilih sistem siang hari dan dalam memodifikasi panel mr sun menu dropdown Sunlight . peta lingkungan untuk menerangi adegan , sehingga kita juga perlu menonaktifkan Skylight . Pilih <tidak

Gamma and LUT

Gamma and LUT pada   tab preferences 24 Januari 2014, by Asep Yuhana Gamma and LUT Berfungsi untuk menghasilkan gambar yang terang, atau gelap, sesuai kebutuhkan, yang menyerupai asilnya. dan smua yang pernah mengoprasikan 3dmax , pastnya pernah mengalami hasil rrender gelap, atau terang. caranya sangat mudah , untuk menghasilkan gambar, supaya cepat terselesaikan, anda tinggal merobah gamma terssebut. Dan seting dari gamma and LUT adalah sebagai berikutt : anda tinggal masuk ke tab costumize , lalu  preference setting, setelah keluar kotak dialog,  anda klik  Gamma and LUT. didalam Gamma and LUT, anda aktipkan dgn ( contreng ) pada ennable Gamma/ LUT  setelah itu anda klik gamma dan isi  angka 2,2  untuk bipmap files anda masukan angka 2,2 pada input gamma , dan 1 untuk output gamma, perhatikan contoh gambar di bawah : dan di bawah ini adalah contoh hasil menggunakan Gamma and LUT 2.2 dan di bawah ini adalah cont