Langsung ke konten utama

vray daylight menggunakan mr sun

vray daylight menggunakan mr sun

24 April 2014, by Asep yuhana




A. Tutorial ini mempelajari dasar-dasar dan cara mengatur pencahayaan siang hari menggunakan Daylight pada 3ds Max.
Daylight adalah pencahayaan  sistem kontrol tepat waktu dan lokasi.
Dalam tutorial ini  akan mulai dengan menyalakan  light  dalam sistem daylight 3ds Max untuk memiliki
akurat waktu dan kontrol lokasi.
Beralih ke tampilan atas dan pergi ke menu create> sistem> system siang hari. Sekarang klik dan drag siang hari di
tengah adegan Anda. (lihat gambar di bawah)
 







B.Sekarang kita perlu mengubah pengaturan sistem daylight Max sehingga menghasilkan cahaya yang diperlukan, sesuai keperluan, siang, sorre atau maalam.
skarang Pilih sistem siang hari dan dalam memodifikasi panel mr sun menu dropdown Sunlight.
peta lingkungan untuk menerangi adegan, sehingga kita juga perlu menonaktifkan Skylight. Pilih <tidak skylight> dari Skylight
dropdown menu.
 (lihat gambar di bawah)








C.sekarang dapat menggunakan sistem siang hari untuk secara akurat posisi mr Sun anda tinggal melakukannya dengan mengklik setup , untuk memilih date, time , location.
tombol di panel memodifikasi dan kemudian menyesuaikan waktu dan lokasi untuk kebutuhan kita. Dalam contoh ini saya telah menetapkan untuk 23:45
dan ini memberi saya malaikat yang rendah untuk matahari, sehingga menciptakan suasana siang yang mendung. (lihat gambar di bawah).  












D. Sebelum menuju  ke render anda perlu menyesuaikan mrSun anda dan menciptakan VRayPhysicalCamera untuk memiliki
posisi render yang bagus, dan sesuai keinginan..
Sekarang di atas viewport membuat VRayPhysicalCamera dan titik itu pada objek. (lihat gambar di bawah).





E.Pilih dan klik VRayPhysicalCamera dan pergi ke memodifikasi panel dan mengatur distorsi ke n0,00. Ini akan membentuk kelurusan pisisi kamera tersebut.
dengan cara klik gues vertical shit.
lensa kamera sedikit seperti lensa kamera di dunia 



F.Kemudian untuk mengatur, tinggkat pencahayaan, apabila gelap, supaya hasilnya menjadi terang







G. Jika Anda membuat dan melakukan cara seperti tutorial ini, hasil yang anda dapat akan seperti ini 
anda tekan f9 untuk render.hasil render test ada di bawah ini .







H..Apabila, hasilnya msi gelap, Anda tinggal merubah bagian seting gama.
Caranya :  klik menu costumize preferences, lalu kemudian pilih tab Gamma dan Lut.
Contreng atau aktipkan.
Gamma / Lut koreksi, dan menyesuaikan nilai gamma ke 2,2 dan mengatur gamma input ke 2,2 dan gamma output ke 1,0
(lihat gambar di bawah). 





I. Sekarang mari kita menuju ke pengaturan render. Tekan F10 untuk membuka kotak dialog render, pergi ke tab Renderer dan memungkinkan
built-in frame buffer. Hal ini akan memungkinkan kita untuk lebih mengontrol eksposur dan warna setelah rendering dilakukan dan akan
menjadi penghemat waktu yang sangat besar. Untuk memastikan pengambilan sampel gambar yang terjadi pada tingkat gamma yang benar untuk render kita perlu
menyesuaikan gamma ke 1 dan memungkinkan Jangan mempengaruhi warna (adaptasi saja). Kecuali kita melakukan ini sampler gambar akan
menggunakan gamma 1.0 untuk menentukan apakah sampes berada dalam ambang kebisingan yang dapat diterima, dan kami berakhir dengan lebih berisik
gambar bila dilihat pada gamma 1.0
Dan images sampler, itu untuk mengatur hasil akhir gambar, apakah tajam, atau agak blur, sesuai kebutuhakan.
 (lihat gambar di bawah)




J. Pindah ke tab Indirect Illumination dan memungkinkan GI. Untuk bouncing utama kita akan menggunakan peta Irradiance, dan untuk
sekunder memantul kita akan menggunakan cache Cahaya. Kombinasi ini memberikan kita render cepat ditambah bersih. baik ... cepat-ish (lihat
gambar di bawah).






K. Sekarang bahwa anda telah memilih metode GI anda kombinasi anda perlu menyesuaikan jadi pergi ke peta Irradiance
bagian dan pilih media. Atau jika komputer Anda lambat Anda dapat mengaturnya untuk rendah atau sangat rendah dan melakukan sedikit
mengorbankan. Aktifkan menunjukkan fase kalk, ini akan membiarkan Anda melihat peta radiasi ketika sedang dihitung (lihat
gambar di bawah).





L. Pada bagian  Cahaya mengatur subdive untuk 1500 dan (atau jika komputer Anda lambat set ke sekitar 800, tetapi tidak
rendah jika Anda membutuhkan kualitas gambar yang baik). Juga memungkinkan fase menunjukkan calc untuk melihat cache cahaya sementara itu menjadi
dihitung (lihat gambar di bawah).





M. anda lakukan sekarang, dan Anda dapat membuat setingan. Dalam Buffer Bingkai VRay Anda harus mengklik sRGB tersebut
tombol untuk melihat hasil akhir dari koreksi gamma anda. Juga dan perhatikan bahwa Anda dapat mengaktifkan editor kurva dengan
mengklik ikon di bagian bawah jendela Buffer Bingkai VRay dan kemudian menyesuaikan warna sesuai dengan keinginan Anda. ingat
untuk menyimpan gambar dalam format linear, seperti Buka EXR, karena hal ini akan memastikan bahwa gambar menampilkan dengan benar lanjut
bawah pipa Anda (lihat gambar di bawah). Jika Anda ingin menyimpan ke format garis PNG, TIFF atau JPG Anda harus mengubah
gamma output dalam dialog save menjadi 2,2 untuk membakar di gamma.







N. ini adalah gambar dari render




O. apabila hasil render tidak memuaskan selanjutnya masuk photoshop, untuk menambahkan beberapa item, seperti langit, pohon dll, yang di perlukan, dan jug amengedit warna, atau mempercantik gambar, setelah, proses rende tersebut.

Untuk photoshop, pembahasannya di lain waktu.

Dan ini hasil akhir dari proses photoshop.




terimakasih sudah melihat tutorial ini, dan smoga tutorial ini bermanfaat.

 
 

 

Komentar

  1. Pelajaran yang sangat bermanfaat.
    http://freedblogg.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasi, smoga lebih bermanfaat lagi, untuk orang banyak,terutama bagi penulis

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian, fungsi proses 3d rendering

3d Visual rendering yaitu suatu proses yang menggunakan sofware 3 Dimensi dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg,tiff, dll, dan selain itu menghasilkan model yang harus di buat dalam langkah awal sebelum menjadi gambar.  Model yang dipergunakan adalah dari objek 2dimensi  yang di olah menjadi 3dimensi, dan langkah awal pembuatan dengan menggunakan ukuran yang pasti seperti ukuran aslinya, dan akan menghasilkan model yang menyerupai bentuk aslinya. Tekstur yang dipergunakan adalah gambar yang dibuat atau diambil  dengan permukaan atau poligon dimana tempat material dan tekstur tersebut berada, lalu arah kamera atau sudut pandang yang digunakan adalah arah mana objek tersebut dilihat ( view ), serta cahaya yang digunakan pada model 3 Dimensi dan area sekitarnya. Dengan demikian, Rendering melibatkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan semua informasi yang membentuk model dan lingkungan sekitar mo...

jasa pembikinan 3d

Kami menawarkan layanan jasa Desain 3d exterior interior, 3d 360 ' virtual tour, 3d panoramik . Rumah Tinggal,Perumahan,Apartement,Mall. untuk keperluan presentation marketing atau keperluan data utama sebelum bangunan jadi.dan yang akan di sesuaikan dengan keperluan, 3d yang akan di hasilkan sesuai dengan hasil yang dilapangan, sesuai keinginan klien, mulai dari desain dan komposisi warna serta matrial yang di inginkan. Harga 3D yang relatif bersaing, dalam pengerjaan dengan waktu kurang dari satu minggu, dan  tanpa batas revisian, kecuali apabila ada perobahan pada desain, kami kenakan harga baru. yang diperlukan sebelum pengerjaan adalah : 1. data desain denah ,tampak, potongan, ( detail apabila ada ), cad, pdf, coretan tangan (skets), 2.  textur , warna atau ,material bahan yang akan di gunakan, berupa foto, jpg, tiff, dll. yang akan dipakai   di    lapangan. pengerjaan 3d menggunakan 3dmax dan v-ray. sehingga menghasilkan kwalitas gamba...