Langsung ke konten utama

step tutorial lighting vray

 step tutorial lighting vray


berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah tentang cara mengatur pencahayaan menggunakan Vray:

  1. Buka 3D software Anda dan buka scene yang ingin Anda atur pencahayaannya dengan Vray.

  2. Aktifkan Vray. Pada panel render settings, pilih Vray sebagai mesin render.

  3. Tambahkan Vray light ke scene Anda. Klik kanan di dalam viewport dan pilih Vray > Light. Anda dapat memilih dari beberapa jenis lampu, termasuk lampu titik, lampu arah, lampu area, atau cahaya HDRI.

  4. Setel parameter pencahayaan Anda. Setelah menambahkan lampu, klik pada objek lampu dan buka parameter pencahayaan di panel properti. Beberapa parameter yang dapat Anda atur termasuk kekuatan pencahayaan, warna, dan radius.

  5. Atur intensitas dan posisi lampu Anda. Ubah posisi dan orientasi lampu Anda sehingga pencahayaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu lampu untuk menciptakan efek pencahayaan yang lebih kompleks.

  6. Gunakan fitur Vray lighting. Vray memiliki beberapa fitur pencahayaan tambahan, seperti GI (global illumination) dan HDRI (high dynamic range imaging). Anda dapat mengaktifkan fitur-fitur ini untuk membuat pencahayaan yang lebih realistis dan kompleks.

  7. Lakukan tes render. Setelah menyelesaikan pengaturan pencahayaan, lakukan tes render untuk melihat hasilnya. Jika diperlukan, Anda dapat menyesuaikan parameter pencahayaan lagi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  8. Simpan dan ekspor hasil render Anda. Setelah selesai merender, simpan hasil render Anda dan ekspor dalam format yang diinginkan.

Itulah tutorial langkah demi langkah tentang cara mengatur pencahayaan menggunakan Vray. Ingatlah bahwa pencahayaan sangat penting dalam menciptakan gambar dan animasi yang realistis dan menarik, sehingga pastikan Anda mengambil waktu untuk menyesuaikan pencahayaan dengan hati-hati.




Here is a step-by-step tutorial on how to do lighting in Vray:

  1. Open your 3D software and load the scene you want to light with Vray.

  2. Activate Vray. In the render settings panel, choose Vray as the render engine.

  3. Open the Vray Asset Editor. Click on the Vray Asset Editor icon to open this panel.

  4. Set up your lighting. Click on the "Lights" tab in the Asset Editor, and choose the type of light you want to use. You can choose from several types of lights, including the VraySun, VraySky, and VrayLight.

  5. Adjust your light parameters. After adding a light, click on the light and open the light parameters in the properties panel. Some parameters you can adjust include intensity, color, and falloff.

  6. Position your lights. After adjusting your light settings, position your lights in the scene by using the Move, Rotate, and Scale tools.

  7. Add secondary lighting. If necessary, add additional lights to the scene to fill in shadows or highlight specific objects.

  8. Adjust your camera settings. Adjust your camera settings, such as aperture, shutter speed, and ISO, to achieve the desired exposure.

  9. Test render. After setting up your lighting and camera, test render to see the result. If necessary, adjust your lighting or camera settings again to achieve the desired result.

  10. Save and export your render result. After finishing rendering, save your render result and export it in your desired format.

That is a step-by-step tutorial on how to do lighting in Vray. Remember that lighting is a crucial part of creating realistic and appealing images and animations, so take your time adjusting lighting carefully.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

vray daylight menggunakan mr sun

vray daylight menggunakan mr sun 24 April 2014, by Asep yuhana A. Tutorial ini mempelajari dasar-dasar dan cara mengatur pencahayaan siang hari menggunakan Daylight pada 3ds Max. D aylight adalah pencahayaan   sistem kontrol tepat waktu dan lokasi . Dalam tutorial ini   akan mulai dengan menyalakan   light   dalam sistem daylight 3ds Max untuk memiliki akurat waktu dan kontrol lokasi . Beralih ke tampilan atas dan pergi ke menu create > sistem > system siang hari . Sekarang klik dan drag siang hari di tengah adegan Anda . (lihat gambar di bawah )   B. Sekarang kita perlu mengubah pengaturan sistem daylight Max sehingga menghasilkan cahaya yang diperlukan, sesuai keperluan, siang, sorre atau maalam. skarang Pilih sistem siang hari dan dalam memodifikasi panel mr sun menu dropdown Sunlight . peta lingkungan untuk menerangi adegan , sehingga kita juga perlu menonaktifkan Skylight . Pilih <tidak

Gamma and LUT

Gamma and LUT pada   tab preferences 24 Januari 2014, by Asep Yuhana Gamma and LUT Berfungsi untuk menghasilkan gambar yang terang, atau gelap, sesuai kebutuhkan, yang menyerupai asilnya. dan smua yang pernah mengoprasikan 3dmax , pastnya pernah mengalami hasil rrender gelap, atau terang. caranya sangat mudah , untuk menghasilkan gambar, supaya cepat terselesaikan, anda tinggal merobah gamma terssebut. Dan seting dari gamma and LUT adalah sebagai berikutt : anda tinggal masuk ke tab costumize , lalu  preference setting, setelah keluar kotak dialog,  anda klik  Gamma and LUT. didalam Gamma and LUT, anda aktipkan dgn ( contreng ) pada ennable Gamma/ LUT  setelah itu anda klik gamma dan isi  angka 2,2  untuk bipmap files anda masukan angka 2,2 pada input gamma , dan 1 untuk output gamma, perhatikan contoh gambar di bawah : dan di bawah ini adalah contoh hasil menggunakan Gamma and LUT 2.2 dan di bawah ini adalah cont

pengertian, fungsi proses 3d rendering

3d Visual rendering yaitu suatu proses yang menggunakan sofware 3 Dimensi dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg,tiff, dll, dan selain itu menghasilkan model yang harus di buat dalam langkah awal sebelum menjadi gambar.  Model yang dipergunakan adalah dari objek 2dimensi  yang di olah menjadi 3dimensi, dan langkah awal pembuatan dengan menggunakan ukuran yang pasti seperti ukuran aslinya, dan akan menghasilkan model yang menyerupai bentuk aslinya. Tekstur yang dipergunakan adalah gambar yang dibuat atau diambil  dengan permukaan atau poligon dimana tempat material dan tekstur tersebut berada, lalu arah kamera atau sudut pandang yang digunakan adalah arah mana objek tersebut dilihat ( view ), serta cahaya yang digunakan pada model 3 Dimensi dan area sekitarnya. Dengan demikian, Rendering melibatkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan semua informasi yang membentuk model dan lingkungan sekitar model 3 Dimensi