Langsung ke konten utama

step lengkap tutorial texturing vray

 tutorial langkah demi langkah tentang cara melakukan texturing menggunakan Vray:

  1. Buka 3D software Anda dan buka scene yang ingin Anda texturing dengan Vray.

  2. Aktifkan Vray. Pada panel render settings, pilih Vray sebagai mesin render.

  3. Buka Vray Material Editor. Klik pada ikon Vray Material Editor untuk membuka panel ini.

  4. Tambahkan material baru. Klik pada ikon "+" untuk menambahkan material baru. Anda dapat memilih dari beberapa jenis material, termasuk material difus, reflektif, dan transparan.

  5. Atur parameter material Anda. Setelah menambahkan material baru, klik pada material tersebut dan buka parameter material di panel properti. Beberapa parameter yang dapat Anda atur termasuk warna, glossiness, dan tekstur.

  6. Tambahkan tekstur. Jika Anda ingin menambahkan tekstur pada material, klik pada kotak "Diffuse" dan pilih "Bitmap". Pilih file gambar yang ingin Anda gunakan sebagai tekstur.

  7. Atur skala tekstur. Setelah menambahkan tekstur, atur skala tekstur Anda di panel properti. Anda juga dapat mengatur orientasi dan koordinat tekstur.

  8. Tambahkan material ke objek. Setelah menyelesaikan pengaturan material, tambahkan material ke objek yang ingin Anda teksturing dengan cara menyeret dan melepaskan material pada objek.

  9. Lakukan tes render. Setelah menambahkan material ke objek, lakukan tes render untuk melihat hasilnya. Jika diperlukan, Anda dapat menyesuaikan parameter material lagi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  10. Tambahkan material baru dan ulangi proses untuk objek lain. Jika Anda memiliki beberapa objek yang ingin ditextur, tambahkan material baru dan ulangi proses yang sama untuk setiap objek.

  11. Simpan dan ekspor hasil render Anda. Setelah selesai merender, simpan hasil render Anda dan ekspor dalam format yang diinginkan.

Itulah tutorial langkah demi langkah tentang cara melakukan texturing menggunakan Vray. Ingatlah bahwa tekstur sangat penting dalam menciptakan gambar dan animasi yang realistis dan menarik, sehingga pastikan Anda mengambil waktu untuk menyesuaikan tekstur dengan hati-hati.



step-by-step tutorial on how to texture in Vray:

  1. Open your 3D software and load the object you want to texture with Vray.

  2. Activate Vray. In the render settings panel, choose Vray as the render engine.

  3. Open the Vray Asset Editor. Click on the Vray Asset Editor icon to open this panel.

  4. Choose your material. Click on the "Materials" tab in the Asset Editor, and choose the type of material you want to use. You can choose from several types of materials, including the VrayMtl, VrayBlendMtl, and VrayFastSSS2.

  5. Create your material. After choosing your material, create a new material in the material editor.

  6. Adjust your material parameters. After creating your material, adjust the material parameters in the properties panel. Some parameters you can adjust include diffuse color, specular color, glossiness, and bump mapping.

  7. Apply your material. After adjusting your material settings, apply your material to the object in the scene.

  8. Create texture maps. Create texture maps for your materials, such as diffuse, specular, and bump maps.

  9. Add texture maps to your material. After creating your texture maps, add them to your material by clicking on the appropriate texture map slot in the material editor.

  10. Adjust your texture map parameters. After adding your texture maps, adjust the texture map parameters in the properties panel. Some parameters you can adjust include tiling, rotation, and UVW mapping.

  11. Test render. After setting up your materials and texture maps, test render to see the result. If necessary, adjust your materials or texture maps again to achieve the desired result.

  12. Save and export your render result. After finishing rendering, save your render result and export it in your desired format.

That is a step-by-step tutorial on how to texture in Vray. Remember that texturing is an important part of creating realistic and appealing images and animations, so take your time adjusting materials and texture maps carefully.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

vray daylight menggunakan mr sun

vray daylight menggunakan mr sun 24 April 2014, by Asep yuhana A. Tutorial ini mempelajari dasar-dasar dan cara mengatur pencahayaan siang hari menggunakan Daylight pada 3ds Max. D aylight adalah pencahayaan   sistem kontrol tepat waktu dan lokasi . Dalam tutorial ini   akan mulai dengan menyalakan   light   dalam sistem daylight 3ds Max untuk memiliki akurat waktu dan kontrol lokasi . Beralih ke tampilan atas dan pergi ke menu create > sistem > system siang hari . Sekarang klik dan drag siang hari di tengah adegan Anda . (lihat gambar di bawah )   B. Sekarang kita perlu mengubah pengaturan sistem daylight Max sehingga menghasilkan cahaya yang diperlukan, sesuai keperluan, siang, sorre atau maalam. skarang Pilih sistem siang hari dan dalam memodifikasi panel mr sun menu dropdown Sunlight . peta lingkungan untuk menerangi adegan , sehingga kita juga perlu menonaktifkan Skylight . Pilih <tidak

Gamma and LUT

Gamma and LUT pada   tab preferences 24 Januari 2014, by Asep Yuhana Gamma and LUT Berfungsi untuk menghasilkan gambar yang terang, atau gelap, sesuai kebutuhkan, yang menyerupai asilnya. dan smua yang pernah mengoprasikan 3dmax , pastnya pernah mengalami hasil rrender gelap, atau terang. caranya sangat mudah , untuk menghasilkan gambar, supaya cepat terselesaikan, anda tinggal merobah gamma terssebut. Dan seting dari gamma and LUT adalah sebagai berikutt : anda tinggal masuk ke tab costumize , lalu  preference setting, setelah keluar kotak dialog,  anda klik  Gamma and LUT. didalam Gamma and LUT, anda aktipkan dgn ( contreng ) pada ennable Gamma/ LUT  setelah itu anda klik gamma dan isi  angka 2,2  untuk bipmap files anda masukan angka 2,2 pada input gamma , dan 1 untuk output gamma, perhatikan contoh gambar di bawah : dan di bawah ini adalah contoh hasil menggunakan Gamma and LUT 2.2 dan di bawah ini adalah cont

pengertian, fungsi proses 3d rendering

3d Visual rendering yaitu suatu proses yang menggunakan sofware 3 Dimensi dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg,tiff, dll, dan selain itu menghasilkan model yang harus di buat dalam langkah awal sebelum menjadi gambar.  Model yang dipergunakan adalah dari objek 2dimensi  yang di olah menjadi 3dimensi, dan langkah awal pembuatan dengan menggunakan ukuran yang pasti seperti ukuran aslinya, dan akan menghasilkan model yang menyerupai bentuk aslinya. Tekstur yang dipergunakan adalah gambar yang dibuat atau diambil  dengan permukaan atau poligon dimana tempat material dan tekstur tersebut berada, lalu arah kamera atau sudut pandang yang digunakan adalah arah mana objek tersebut dilihat ( view ), serta cahaya yang digunakan pada model 3 Dimensi dan area sekitarnya. Dengan demikian, Rendering melibatkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan semua informasi yang membentuk model dan lingkungan sekitar model 3 Dimensi